oleh

Cara Menanam Cabai Di Rumah,Simak Tips Berikut Ini

 

OKEYBOZ.COM, JAKARTA, – Cabai menjadi salah satu bahan pokok di dapur rumah orang Indonesia. Cabai juga hampir tidak bisa lepas dari masakan orang Indonesia.

Tumbuhan penghasil rasa pedas ini sangat mudah ditanam di rumah. Nantinya kamu bisa memasak beragam hidangan berbahan cabai dari kebunmu sendiri.

Sarah Adipayanti, Learning Coordinator Kebun Kumara menjabarkan tips menanam cabai di rumah.
Cara menanam cabai

1. Pastikan kamu memiliki benih cabai yang baik untuk ditanam. Bibit cabai yang bagus bisa didapatkan dari buah cabai yang kualitasnya baik pula, diambil dari buah cabai yang segar dan ukurannya besar.
“Kita bisa kok langsung ambil benih cabai yang ada di dapur itu juga bisa langsung ditanam, yang penting perawatannya aja, jadi kebutuhan mataharinya terpenuhi, kebutuhan airnya dan kebutuhan tanamnya,” jelas Sarah yang dilangsir dari kompas.com oleh OKEYBOZ.COM, Sabtu (5/9/2020).

2. Sebelum ditanam, benih cabai perlu direndam supaya tahu mana benih yang kopong dan mana yang tidak. Cara mengetahuinya, rendam benih cabai. Kalau mengapung, berarti itu benih kopong.

3. Setelah direndam, jemur benih cabai terlebih dahulu, supaya tidak busuk. Proses penjemuran di bawah matahari berlangsung selama 3-5 hari.
Namun setelah dijemur, biji cabai juga bisa direndam kembali untuk merangsang akar agar cepat tumbuh. Setelah itu cabai bisa langsung ditanam.
Waktu panen cabai akan berlangsung selama 5-6 bulan setelah ditaman.

Pengaruh media tanam pada pertumbuhan cabai

Pertumbuhan cabai bergantung pada kualitas media tanamnya. Kandungan tanah, pupuk, dan faktor lain dalam media tanam harus diperhitungkan.
Menentukan media tanam sangat berpengaruh pada tanaman. Media tanam yang dianjurkan bisa mencampurkan sekam, kompos, pupuk kandang, tanah dengan perbandingan 2:1:1:2.

Selain itu cabai akan memiliki ukuran yang besar jika media tanam dicampur dengan sedikit tanah merah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *